Rabu, 26 Agustus 2009

LIFE IS BEAUTIFUL MY FRIENDS 5

My Friends, Selamat bertemu kembali pada ‘LIBMYF’ yang sudah masuk pada seri penerbitan 5 pada hari ini .
Kali ini saya ingin berbagi dengan kita semua mengenai keindahan hidup yang satu ini: “Merdeka”.
TAK TERBAYANGKAN SEANDAINYA SEKARANG MASIH ANGKAT BAMBU RUNCING!
Agar moment kemerdekaan tidak berlalu begitu saja , marilah kita mengkaji fenomena dan romantika tentang kemerdekaan itu sendiri.
Merdeka memiliki arti bebas, tidak terikat, berdaulat, mendapatkan kembali hak-hak secara holistik seperti sediakala, termasuk didalamnya hak untuk menikmati hidup, hak asasi, hak untuk maju, hak untuk mundur, hak untuk naik, untuk meliuk-liuk sesuka hati kita, tanpa dibelenggu perasaan dan aturan-aturan yang dibuat oleh pihak lain. Sehingga bolehlah ‘merdeka’ itu kita simpulkan ‘bebas’. Bebas sebebas-bebasnya.
Sudah 64 Tahun kemerdekaan ini kita nikmati, dan satu kewajiban yang pantas kita lakukan adalah ‘bersyukur’ atas semua ini kepada Sang Khalik pencipta Kemerdekaan hakiki.
Teman sekalian, saya memiliki sebuah cara yang gampang untuk lebih mudah mensyukuri keindahan dari kemerdekaan itu, yakni berfikir terbalik. Bagaimanakah gerangan kondisi saya dan anda, seandainya saat ini kita masih dijajah oleh bangsa lain? Wah, nggak sanggup rasanya untuk membayangkan jika kita tidak dapat mengenyam pendidikan, tidak bisa membaca , tidak bias menulis, bahkan tulisan ini pun tidak akan pernah ada, mungkin kita pun belum kenal apa itu internet, apalagi Facebook, apalagi networking, boro-boro computer mungkin buku saja menjadi barang yang sangat mahal, mungkin kita masih ‘kaki ayam’, memakai ‘baju karung’ seperti cerita kakek nenek kita.
Mungkin juga kita masih berada di dalam Gua persembunyian, mengendap-endap sambil membawa bambu runcing. Tidak ada handphone, apalagi Blackberry, tidak ada alat transportasi, kemana-mana nyeker, paling hebat juga naik sepeda ontel. Serem bukan?
Teman, menarik bukan? Ternyata kemerdekaan itu adalah sesuatu kenikmatan dan keindahan yang terukir dan tertoreh bak sebuah lukisan yang dapat kita nikmati. Tugas kita sekarang adalah menyempurnakan lukisan ‘sketsa’ tersebut. Kita tidak perlu cemburu melihat lukisan yang ada di Negara lain, yang begitu indah dan mempesonanya melalui kemajuan yang mereka telah gapai. Yang paling penting adalah bagaimana kita, bagaimana bangsa ini memiliki arah yang jelas melalui action plan dari pemerintah kita, agar dapat mereguk kemajuan, kemakmuran yang kita cita-citakan.
Satu hal lagi, marilah kita bahu membahu untuk meningkatkan kemauan belajar dari anak-anak dan pemuda kita agar mereka memiliki motivasi dan Etos dalam menciptakan manusia-manusia kreatif dan entrepreneur yang handal.
Menggali potensi dan motivasi manusia Indonesia adalah hal yang sangat penting. Dibutuhkan Berjuta ‘GURU’ untuk meng-Coach dan men-Training anak bangsa agar akselerasi pembangunan dapat kita capai. Dibutuhkan Berjuta manusia “MOTIVATOR’ untuk memotivasi Bangsa ini.
Dibutuhkan berjuta manusia POSITIF untuk mengangkat Harkat dan Martabat kita di mata Dunia Internasional.
Kita tidak perlu gengsi belajar dari Bangsa Korea yang mana umurnya masih dibawah HUT kemerdekaan kita, tapi sekarang sudah masuk ke dalam peringkat 11 Dunia melakui Six Sigma-nya, atau Bangsa Jepang yang sudah akan menyusul bangsa Amerika untuk menjadi peringkat 1 Dunia dengan spirit samurai dan KAIZEN-nya. Kita juga perlu Benchmarking dari China yang berhasil menguasai perdagangan Dunia melalui produk Low-End, Atau Negara jiran kita Malaysia yang berhasil menjadi penghasil Karet dan CPO terbesar di Dunia ( Baca: kelapa sawitnya dikerjakan oleh buruh dari Indonesia).
Belakangan ini Malaysia juga berhasil memproduksi mobil sendiri. Mereka bangga memakai mobil buatan mereka sendiri. WHY WE CAN’T?
Catatan: Semua bangsa yang saya sebut adalah bangsa ASIA. KARENA MEREKA BISA, KITA JUGA PASTI BISA.

INDONESIA TANAH AIRKU
TANAH TUMPAH DARAHKU
DI SANALAH AKU BERDIRI
JADI PANDU IBUKU….

Hiduplah Bangsaku, Hiduplah Negaraku, Hiduplah KARAKTERKU Indonesia. Merdeka


Salam Kaizen

Doharman Sitopu
LIBMYF & KOL Developer’s
LIBMYF – Life Is Beautiful My Friends
KOL- Kaizen Of Life
http://paradigmadoharman.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar