Jumat, 07 Agustus 2009

LIFE IS BEAUTIFUL MY FRIENDS 4

My Friends, Selamat bertemu kembali pada ‘LIBMYF’ yang sudah masuk pada seri penerbitan 4 pada hari ini .

Kali ini saya ingin berbagi dengan kita semua mengenai keindahan hidup yang satu ini: “Lupa”.

Boleh jadi sebelum membaca tulisan ini kita tidak terlalu perduli dengan kata ‘LUPA’. Padahal, Lupa ataupun kelupaan kita terhadap segala sesuatu pasti membawa dampak bagi kita. Bisa berakibat ‘positive’ bahkan dapat juga ‘Negative”.

Nah, yang jadi penting dan menarik untuk dikaji adalah, dimana sih keindahan ‘lupa’ itu? Wah kepingin tahu juga rupanya ya!. Baiklah , kita buka saja tabir keindahan yang memang sengaja ‘diciptakan’ oleh Sang ‘causaprima’ , Sang Maha Kuasa.

Lupa adalah proses ‘mendelete’ sebagian memory yang ada di otak kita. Kapasitas daya tampung otak manusia sangatlah bervariasi, demikian juga daya ingat antara satu sama lain berbeda-beda pula. Sehingga secara alamiah otak akan menghilangkan data-data yang menurut ‘program otak’ itu sendiri tidak penting untuk disimpan terlalu lama.

Berbahagialah apabila anda masih dapat lupa. Karena otak anda tidak perlu menyimpan data-data yang bukan ‘Top of Mind’. Dengan kata lain otak akan dapat diisi dengan data yang baru dan lebih fresh.

Pernahkah kita membayangkan apabila otak kita tidak bisa membuang atau melupakan berbagai hal
( baca: data ) yang sedemikiam banyaknya? Wah, ngeri juga membayangkanya, pastilah Overload.

Kalau over load bagaimana? Weleh, bayangkan saja computer yang overload .

So, janganlah kita langsung mencak-mencak apabila kita lupa sesuatu, atau ngomel pada orang lain karena dia lupa tentang sesuatu. Janganlah memaksa otak untuk mengingat-ingat segala sesuatu, berikanlah beban yang berimbang sesuai kapasitasnya. Ingat, sebuah ember tidak dapat menampung air melebihi kapasitasnya, walaupun diisi terus menerus. Pastilah air itu luber keluar, yang terjadi hanyalah pertukaran konten saja.

Einstein juga telah mengingatkan kita sejak dahulu, dimana Dia tidak mau menyimpan berbagai data yang tidak perlu disimpan dalam otak, dan sebagai pengganti dia tuliskan semua data-datanya di dalam buku atau kertas. Jika dia ditanya tentang sesuatu yang menurutnya tidak perlu diingat dalam otak, dengan enteng dia jawab: “Lupa”, atau “Tidak Tahu”.

Berikut adalah hal-hal yang tidak boleh dilupakan begitu saja: Kekurangan dan kelemahan diri sendiri, kelebihan dan kecakapan orang lain, Hutang, Alamat rumah, ULTAH, Kewajiban, tanggung jawab, Nama sendiri dan orang terdekat, Jatuh tempo ( Due Date ). Ha ha ha…

Hal-hal yang wajib di’lupa’kan: Kejelekan orang lain, kekurangan orang lain, kebodohan orang lain, kelebihan diri sendiri, Harta orang lain.

OK, selamat berlupa-lupa untuk hal yang tidak productif, dan selalu mengingat-ingat hal-hal yang produktif dan bermanfaat.
Salam Kaizen

Doharman Sitopu
LIBMYF & KOL Developer’s
LIB – Life Is Beautiful My Friends
KOL- Kaizen Of Life
http://paradigmadoharman.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar