Rabu, 28 Januari 2009

Perubahan datang dan berlalu begitu cepatnya

Rasanya masih baru saya memiliki Flash memory berkapasitas 512 MB, tapi sekarang Flash memory tersebut sudah tidak memadai lagi untuk menyimpan data-data saya yang begitu banyaknya. Sekarang saya merasa lebih nyaman dengan Flash Memory 2 GB. Kapasitas penyimpanan Data dapat lebih leluasa dan lebih besar lagi , mulai dari menyimpan naskah-naskah yang saya ketik, Photo-photo hasi jepretan kamera digital saya, voice recorder, bahkan menyimpan lagu-lagu kesayangan dan file-file tetek-bengek yang lain.

Apa yang saya maksudkan dengan fakta di atas adalah untuk mengingatkan kita bahwa perubahan itu datang begitu cepatnya. Coba anda ingat-ingat perkembangan Komputer PC , dimulai dengan system DOS dengan RAM 640 KB, setiap kali mau memakai komputer kita harus direpotkan dengan minimal dua buah disket. Disket yang pertama berupa DOS ( Operating System ) sedangkan disket yang ke dua adalah aplikasi yang ingin kita jalankan. Apakah itu Wordstar, Lotus 123, atau dBase III+. Sekarang, hal itu tinggal kenangan manis, yang sayang untuk dilupakan begitu saja. Coba bandingkan 640 KB dengan 1 GB ! Wow sungguh spektakuler , hasilnya satu berbanding kira-kira 1500. Sungguh angka yang sangat Fantastis, yang dapat dicapai oleh teknologi hanya dalam kurun waktu tidak lebih dari 20 tahun. Kalau 1500 dibagi dengan 20 maka hasilnya adalah 700, artinya teknologi komputer dapat lebih cepat 700 kali dalam setahun dibandingkan dengan generasi pada tahun sebelumnya. Di masa depan mungkin perubahan ini akan lebih dahsyat lagi.

Pembaca yang budiman, semua yang ada di sekeliling kita berubah, berputar , bertransformasi, bereaksi, bahkan berkreasi dengan begitu cepat dan pesat. Teknologi Informasi merubah dunia begitu cepatnya sehingga kita tidak mampu lagi mengikuti perkembangan segala sesuatu yang ada di sekeliling kita. Flash Memory kita, alias otak kita kadang tidak mampu menangkap begitu banyak informasi dan kemajuan-kemajuan yang terjadi di sekeliling kita.

Ibarat segelas kopi yang baru diseduh dan menebar pesonanya melalui aroma yang begitu menggoda, sangatlah bermanfaat dan nikmat apabila langsung diseruput, dibandingkan apabila kita biarkan kopi tersebut hingga keesokan harinya, sudah tidak nikmat lagi, bahkan kalau diminum dapat menyebabkan penyakit.

Begitu juga dengan Informasi yang kita dapatkan 1 jam yang lalu, kalau tidak langsung kita olah mungkin akan menjadi basi seperti secangkir kopi. Begitu kita respon, kita sudah ketinggalan kereta, alias terlambat. Informasi yang berharga tersebut sudah ditangkap oleh Kompetitor atau pesaing .

Apa yang dapat kita lakukan dengan sebuah Ide, atau informasi berharga lainya adalah melakukan sesuatu yang berarti secara langsung tanpa menunda-nunda waktu. Kalau teknologi komputer bisa berubah lebih cepat 700 kali dalam setahun, alias kiar-kira 2 kalinya dalam sehari, maka apabila kita tidak melakukan sesuatu yang berharga dalam sehari saja , kita akan ketinggalan 2 kali dibanding pesaing kita.

Sebuah informasi lebih baik kita respon secara real time daripada menunggu informasi itu nenjadi basi, tidak berguna lagi.

Kita tidak perlu perfect sebelum melakukan sesuatu yang signifikan. Apa yang kita lakukan saat ini akan mempengaruhi aktivitas-aktivitas berikutnya dan begitu seterusnya. Terbayang apa yang akan terjadi apabila kita tidak melakukan apa-apa, bias-bisa info yang berharga tadi bias menguap dan terlupakan begitu saja. Apa yang kita lakukan pada keesokan harinya adalah menunggu perkembangan selanjutnya, menunggu Informasi bisnis yang menurut kita memiliki peluang yang baik, menunggu, menunggu dan menunggu. Ingat! Menunggu adalah sesuatu yang membosankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar